Ngeblog Satu Topik Atau Gado-gado

Lebih bagus membuat blog yang membahas satu topik atau banyak topik dalam satu blog? Atau malah membuat banyak blog masing-masing berisi satu topik? Layaknya debat antar pengikut partai, hal seperti ini seperti tidak ada ketemunya. Blogger gado-gado akan berpendapat bahwa idenya lebih mudah ditemukan dan tak terbatas, blog banyak dengan masing-masing satu topik akan menguras waktu dan tenanga dan akhirmya banyak blog terbengkalai dan sebagainya. Blogger dengan satu topik tak mau kalah debat, blog satu topik akan lebih mudah dalam hal SEO, blog gado-gado terlihat tidak profesional dan sebagainya.

Kamu pasti sudah membaca artikel-artikel blog yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan blog gado-gado dan satu topik, iya kan? Bahkan sebelum pertama kali kamu ngeblog pun mungkin saat itu kamu mencari artikel tersebut untuk memilih membuat blog yang seperti apa.

Blog yang membahas demikian pun sudah amat sangat banyak sekali, mungkin hanya saya yang paling ketinggalan menulisnya di sini. Lalu kenapa saya tulis artikel ini kalau sudah banyak? Suka-suka saya dong kan blog saya gado-gado.
Saya ingin memulai membuat blog, lantas sebenarnya yang mana yang bagus? Jawaban yang paling tepat adalah dengan mempraktekkannya sendiri. Bikin satu blog berisi gado-gado sekaligus banyak blog dengan satu topik di masing-masing blog tersebut.

Waduh capek dong ka?

Hindari kebiasaan mengeluh, urungkan niat untuk mempunyai blog yang banyak pengunjungnya kalau dikit-dikit mengeluh, namanya juga usaha broh.

Untuk blog dengan satu topik, url dan nama blog bisa dengan mudah kamu sesuaikan dengan topik konten. Sedangkan blog gado-gado ini tidak mungkin kan judul blog yang pendek bisa mewakili dari semua topik konten, jadi bisa kamu bikin judul blog sesukakamu. Jangan lupa bahwa content is the key, judul boleh kalah menarik, template boleh kalah keren, seo boleh kalah trik, tapi isi artikel adalah kuncinya.

Response to "Ngeblog Satu Topik Atau Gado-gado"

Post a Comment