Membuat Auto Tweet Bot Menggunakan Google Spreadsheet

Sebelumnya pernah kita bahas bagaimana cara membuat Twitter bot sederhana maupun Twitter scheduler menggunakan Google Spreadsheet, kali ini akan kita bahas lagi cara mudah membuat auto tweet atau lebih tepatnya scheduling tweets menggunakan fasilitas Google Spreadsheet yang tentunya dengan script yang berbeda. Script yang akan kita gunakan ini dibuat oleh Zach Whalen yang telah sedikit dimodifikasi oleh Storybench. Dsini kita akan menggunakan script yang sudah dimodifikasi tersebut karena terlihat lebih simple.

Langkah pertama tentu kita harus mempunyai aplikasi Twitter terlebih dahulu karena kita akan membutuhkan API atau Consumer Key dan Consumer Secret. Jika belum, buatlah aplikasi di apps.twitter.com dengan cara kurang lebih seperti pada post ini, kosongkan terlebih dahulu pada kotak isian Callback URL.

Selanjutnya buat copy-an auto tweet spreadsheet disini, kemudian isikan akun Twitter yang akan digunakan, Consumer Key dan Consumer Secret pada kotak isian yang disediakan.

Auto Tweet Bot Google Spreadsheet

Auto Tweet Bot Google Spreadsheet

Auto Tweet Bot Google Spreadsheet

Kemudian klik menu Tools - Script editor seperti pada gambar diatas. Setelah tab baru berisi script terbuka, pilih menu File - Project properties.

Auto Tweet Bot Google Spreadsheet
Akan muncul jendela seperti gambar di atas, salin Project key dan letakkan pada kotak isian pada spreadsheet.
Auto Tweet Bot Google Spreadsheet

Setelah kotak isian Project key terisi, kemudian salin link yang ada di kotak berawarna merah muda dan isikan di Callback URL pada aplikasi twitter yang sebelumnya masih kita kosongkan.


Sampai disini, bisa dibilang twitter bot sudah selesai kita buat.

Membuat Auto Tweet Bot

Langkah selanjutnya siapkan tweet sebanyak-banyaknya dan isikan pada sheet Select Tweets di baris-baris yang berwarna putih seperti gambar diatas. Jika sudah, klik menu Bot - Generate Preview - authorize.

Klik menu Bot - Send a Test Tweet, dan authorize lagi atau ijinkan saat muncul jendela permintaan ijin dari aplikasi twitter. Kemudian jalankan Send a Test Tweet sekali lagi untuk mengujinya, cek timeline twitter untuk mengetahuinya.

Atur timing pada kotak timing sesuai pilihan yang tersedia, jika sudah maka kita sampai pada langkah terakhir yaitu jalankan bot twitter. Klik pada menu Bot - Start Posting Tweets. Bila semua pengaturan sudah benar, seharusnya bot sudah bisa berjalan sesuai schedule dan tweet yang kita buat. Stop Posting Tweet bila ingin menghentikannya.

Response to "Membuat Auto Tweet Bot Menggunakan Google Spreadsheet"

Post a Comment