Cara Memperbaiki Card Reader Tidak Bisa Membaca

Cara memperbaiki card reader yang tidak bisa membaca sd card. Dalam hal ini yang kita bahas adalah card reader itu sendiri, jadi disini kita asumsikan bahwa sd card dan USB port pada PC dalam kondisi bagus tanpa masalah. Dan sebaiknya card reader sudah diluar masa garansi. Adapun permasalah yang sering terjadi pada card reader diantaranya adalah mati atau tidak terdeteksi sama sekali, terdeteksi akan tetapi "USB Device Not Recognized", terdeteksi dengan baik oleh PC namun tidak bisa membaca sd card.

Memperbaiki Card Reader

Card reader yang tidak terdeteksi dan/atau terdeteksi namun muncul USB Device Not Recognized.
Periksa konektor yang menghubungkan antara port USB pada PC dengan PCB pada card reader. Konektor ini ada yang berbentuk kabel yang bisa dilepas, kabel yang langsung menempel ke PCB card reader, ada juga yang langsung berbentuk colokan USB seperti flashdisk pada umumnya. Pada intinya disini kita periksa apakah 4 jalur dari PCB sampai ke ujung colokan USB tidak terputus. Soldir ulang (lihat gambar pada lingkaran warna hijau), potong-sambung kabel dan sebagainya tergantung imaginasi dan kreatifitas yang penting koneksi antara PCB card reader ke port USB tidak terputus.

Jika koneksi tidak terputus namun permasalahan masih sama, penyebab lain bisa pula karena IC-nya mati. Jika sudah begini saya sarankan untuk membeli card reader baru jika mencari sparepart pengganti dan memasangnya dirasa susah.

Card reader terdeteksi di PC namun tidak dapat membaca sd card.
Ini sering terjadi pada (multi) card reader untuk MicroSD, padalah untuk membaca sdcard tidak ada masalah. Biasanya permasalahan terdapat pada socket atau rumah tempat kita memasukkan MicroSD.

Buka casing card reader kemudian periksa socket atau rumah tempat MicroSD ditancapkan. Jika soldiran terlihat masih bagus dan jalur-jalur yang menuju kaki-kaki tersebut tidak terputus, coba periksa 3 logam pipih (lihat gambar pada lingkaran warna biru). Logam tersebut berfungsi seperti saklar, jika MicroSD dimasukkan, dia akan menempel atau sebaliknya tergantung jenis socket pada masing-masing model card reader mungkin akan berbeda. Ini biasa terjadi karena kesalahan pemakai seperti contoh sering memasukkan MicroSD terbalik dan sebagainya.

Disini kita kembali bermain imaginasi dan kreatifitas, colokkan card reader ke PC kemudian masukkan MicroSD ke card reader, kemudian kita rubah posisi logam pipih tersebut dengan ujung obeng kecil. Bagaimana jika ditempelkan dan bagaimana jika direnggangkan.

0 Response to "Cara Memperbaiki Card Reader Tidak Bisa Membaca"

Post a Comment

Komentar Anda selalu ditinjau dan dihargai. Kami akan mencoba membalas secepat mungkin. Komentar Anda akan dijawab di sini, jadi silakan datang kembali untuk melihat balasan Anda.

Catatan:
# No spam, no bad words.
# Usahakan menggunakan profile aktif dalam berkomentar.
# Hindari komentar berisi link aktif
# Admin berhak menghapus komentar dengan alasan tertentu.