Membuat Auto Tweet Bot Sederhana

Untuk membuat tweet Anda otomatis memposting sendiri setiap waktu tertentu tidaklah terlalu sulit, bahkan jika Anda terlalu "ogah-ogahan" pun banyak tersedia layanan auto tweet ataupun schedule tweet baik yang berbasis web maupun aplikasi seperti seperti Hootsuite dan lain sebagainya.

Namun begitu jika ada waktu luang dan suka berkreatifitas, Anda bisa membuatnya sendiri . Yang Anda butuhkan hanyalah akun Twitter, Twitter App, hosting (cari yang free), sedikit script auto tweet dan yang terakhir adalah cron job.

Asumsi bahwa Anda sudah mempunyai akun Twitter yang akan digunakan langkah berikutnya kurang lebih seperti ini:

  • Buatlah satu aplikasi Twitter di sini untuk mendapatkan data-data seperti Consumer Key (API Key), Access Token dan lainnya yang akan kita input ke dalam script. Tutorialnya kurang lebih seperti ini.
  • Siapkan 1 hosting, ada beberapa penyedia layanan free hosting yang bisa kita gunakan, silahkan Googling.
  • Upload script auto tweet ke hosting kemudian edit file tweet.php dan isi data-data yang diperlukan yang bisa kita ambil di Twitter App yang dibuat langkah sebelumnya. Bisa juga file tweet.php kita edit dulu baru kemudian diupload. Jika Anda terbiasa menggunakan FTP tool seperti FileZilla akan lebih mudah lagi dalam mengupload maupun mengedit file yang ada di hosting.

Membuat Auto Tweet Bot


  • Konten tweet ada pada file status.txt, Anda bisa menambahkan atau menggantinya sesuai dengan apa yang akan Anda tweet. Usahakan jangan melebihi 140 karakter perbarisnya.
  • Untuk mengetahui scripts berhasil atau tidak memposting sebuah tweet, Anda bisa mencobanya dengan mengeksekusi tweet.php melalui browser.

Jika berhasil, langkah terakhir adalah mengatur dengan cron job supaya bisa men-tweet secara otomatis sesuai jadwal yang kita mau seperti tiap 1 jam sekali, 10 manit sekali dan sebagainya. Pengaturan cron job bisa menggunakan fasilitas penyedia hosting yang Anda pakai, Google Drive atau cron job external.

Saran saya, atur cron job pada jam-jam sesuai target Anda. Seperti contoh jika follower anda mayoritas orang Indonesia ya tidak perlu diatur otomatis men-tweet pada jam 2 pagi. Saya sendiri lebih suka menggunakan settingan cron job */30 5-23 * * * atau R2 5-23 * * * atau lainnya yang pasti setelah tengah malam sampai pagi si-bot ikut istirahat menemani majikannya tidur :D

Mudah bukan? Salam tweet.

Thanks to script owner, credit inside script files.

1 Response to "Membuat Auto Tweet Bot Sederhana"

  1. Siip, makasih om gan.. Setelah nyari sana sini tips tentang cara membuat auto tweet bot, akhirnya ketemu yang mudah dipahami di sini.. Sukses selalu! :)

    ReplyDelete