Memperbaiki Keyboard PC

Sebuah desktop PC tanpa keyboard ibarat sebuah kertas tanpa pena, bagaimana jika keyboard mendadak bermasalah, ingin membeli yang baru namun kebetulan dompet sedang tipis. Jika sudah begini alangkah baiknya kita coba memperbaikinya siapa tahu permasalahannya bisa kita tangani sendiri. Masalah yang sering timbul pada keyboard standard baik itu keyboard USB, PS2 maupun wireless yang bermasalah bisa bermacam-macam, mirip halnya dengan permasalan yang ada pada mouse dan bagaimana cara memperbaiki mouse sendiri.

Keyboard tidak terdeteksi
  • Untuk keyboard USB dan PS2 kemungkinan masalah ada di rangkaian pcb, entah itu kabel putus atau sparepart rusak. cek satu persatu kabel dan sparepartnya. Jika terlihat tak ada masalah, kemungkinan ic permanennya rusak. Jika sudah begitu, mentok sampai disini dan harus beli keyboard baru atau mengkanibal keyboard lain yang serinya sama namun jenis kerusakannya berbeda.
  • Untuk jenis keyboard wireless , cek dulu receivernya. Jika receiver terdetek PC namun keyboard tidak bisa konek, cobalah untuk re-pairing. Cara pairing keyboard wireless yang menggunakan receiver 2.4GHz bisa bermacam-macam tergantung seri dan merknya. Diantaranya seperti tekan tombol Esc+Q kemudian colokkan receiver usb ke PC, ada pula yang memakai kombinasi tombol Esc+Z dan lain sebagainya. Akan lebih bagus lagi jika Anda mempunyai keyboard lain yang sama untuk mengetahui apakah receiver atau keyboardnya yang bermasalah.

Beberapa tombol keyboard sering mencet sendiri
Selain pada rangkaian pcb, masalah seperti ini sering terjadi pada membran plastik dan / atau karet yang sobek atau kotor. Coba bersihkan.

Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi
Bisa jadi masalah seperti ini ada pada rangkaian pcb atau membran yang kotor atau putus jalurnya. Solusinya bersihkan membran. Ganti membran apabila masih tidak bisa.

Jika tidak ada membran pengganti, pakai cara ala MacGiver yaitu manfaatkan apa yang ada disekitarmu hahah...
Memperbaiki Keyboard PC


  • Siapkan multitester, selotip dan kabel serat.
  • Periksa jalur mana saja yang terputus dan ditandai.

Butuh kesabaran dan ketelitian karena jalurnya yang kecil-kecil dan saling berdempetan seperti ABG yang sedang memadu kasih. Jalur putus biasanya ditandai dengan adanya karatan atau aus.

  • Kupas kabel yang telah disiapkan tadi dan ambil serabutnya, potong sesuai kebutuhan
  • Tempel serat kabel ini pada jalur yang terputus, tempel pakai selotip ya serat kabel ngga bergeser. 1 jalur 1 cukup serabut kabel.

Membran Keyboardservis keyboad

  • Pasang kembali dan test hasilnya. Kalau sudah OK, abaikan langkah berikutnya.

Apabila jalur semua aman tidak ada yang terputus, cek kondisi lain. Terkadang masalahnya hanya sepele yaitu karena koneksi antara pcb dan membran kendor sehingga kaki-kakinya tidak rapat menempel. Hal ini sering terjadi pada keyboard-keyboard murah yang menggunakan bahan kurang kuat sehingga mudah retak dengan layout sekrup yang dari belakang dan menggunakan case bagian depan sebagai mur-nya (seperti pada gambar dengan lingkaran merah). Jika baut diputar terlalu kencang, mur akan mudah pecah, padahal jika baut pada pcb kurang kencang hasilnya banyak tombol yang tidak berfungsi.


Memperbaiki Keyboard PCMemperbaiki Keyboard PC


Untuk mengakalinya, ganti dudukan baut dengan mur baut biasa seperti pada gambar dengan anak panah merah. Putar sampai kencang (hati-hati jangan sampai case belakang ikut retak karena terlalu kencang).

Memperbaiki Keyboard PC

Sampai disini keyboard sudah bisa dicoba, colokkan pe PC kemudian test semua huruf apakah sudah normal semua sebelum dipasang ke casing bagian depan. Pencet satu per satu semua tombol, bisa dengan jari tanpa alas atau ambil satu buah karet bawaan keyboard yang berbentuk seperti mangkuk.

Pasang kembali casing belakang dan depan jika semua tombol berjalan normal. Jangan lupa ratakan bekas dudukan baut dari case depan yang pecah supaya tidak mengganjal saat dipasang.

Response to "Memperbaiki Keyboard PC"

Post a Comment