Membuat Twitter Scheduler Menggunakan Google Spreadsheet

Terdapat beberapa macam cara untuk membuat schedule tweet atau memposting tweet secara otomatis dan sesuai jadwal waktu yang kita inginkan. Banyak pula developer yang menyediakan fasilitas ini mulai dari mobile aplikasi, desktop maupun langsung secara online melalui browser. Namun biasanya kita harus memasukkan satu persatu tweet yang akan dijadwal, ada pula yang bisa lebih mudah dengan mengimport 1 file yang berisi banyak tweet sekaligus.

Sekedar iseng dan untuk pembelajaran, disini akan dibahas bagaimana cara membuat schedule tweet sendiri menggunakan fasilitas Google Spreadsheet dan Google Scripts. Caranya mudah dan syaratnya pun mudah yaitu kita hanya memerlukan akun Google dan akun Twitter untuk membuat API Key+Secret. Akun Google tentu sudah pada punya kan, buat terlebih dulu jika belum. API atau Consumer Key dan Consumer Secret bisa kita buat kurang lebih sama seperti disini, bedanya hanya pada isian Callback URL kita isi dengan https://script.google.com/macros/


Twitter Scheduler

Selanjutnya login ke akun Google dan membuat 1 halaman spreadsheet di Google Docs atau Anda bisa menyalin contoh siap pakai dari sini. Klik link tersebut kemudian buat copy-annya.

Setelah Anda membuat salinannya kemudian ikuti langkah-langkah berikut.
  • Pilih menu Tweet Scheduler -> Initialize OAuth -> OK ->Accept
Twitter Scheduler

  • Pilih menu Tweet Scheduler lagi -> Initialize OAuth -> Masukkan API KEY dan Secret -> Simpan konfigurasi
Twitter Scheduler

  • Pilih menu Tools-> Script Editor
  • Pilih menu Run-> AUTHORIZE
Twitter Scheduler

  • Kembali ke spreadsheet kemudian isikan tweet anda ke dalam kolom "Teks Tweet" maksimal 140 karakter dan isi juga waktu sesuai yang Anda jdwalkan pada kolom "Waktu", untuk format waktu menggunakan MM/DD/YYYY HH:MM
  • Pilih Tweet Scheduler-> Schedule Tweets Sekarang
Nah, mudah bukan. Aplikasi diatas hanya mampu sampai 20 tweet dalam 1 kali schedule, jika meerasa kurang Anda bisa memodifikasi scriptnya. Cara lain bisa juga membuat beberapa salinan spreadsheet tersebut asalkan isian pada tweet dan waktu tidak sama.

Response to "Membuat Twitter Scheduler Menggunakan Google Spreadsheet"

Post a Comment