Partisi Swap Mendongkrak Kinerja System, benarkah?

Sebagai orang awam termasuk penulis disini, yang namanya tweak, trik, modif dan segala macam usaha dengan cara merubah, menambah atau mengurangi sebagian dari kondisi original, tujuan utamanya supaya menjadi "lebih" dari kondisi original itu sendiri. Termasuk usaha menambah partisi swap pada system Android yang secara original sampai sekarang belum ada device Android dari pabriknya sudah terdapat partisi swap dan aktif.

Menambah partisi swap dan mengaktifkannya bisa meningkatkan kinerja system Android, apa benar? Tidak juga, sebagian pengguna Android justru berpendapat sebaliknya. Lalu mana yang benar? Ah sudahlah, Anda semua yang terdampar dimari dan membaca artikel ini tentu karena penasaran, ingin tahu dan ingin mencoba. Maka dari itu tidak ada salahnya Anda mencoba, dengan mencoba Anda akan tahu pasti pendapat mana yang benar.

Partisi Swap

Saya mencoba bereksperimen menggunakan beberapa ROM  dan 2 sdcard yang berbeda. Hasil eksperimen sayapun bisa berbeda dengan Anda. Setidaknya dengan hasil yang saya dapatkan bisa mengetahui apakah device yang saya pakai sebaiknya diberi partisi swap atau tidak. Dan hasil eksperimen yang didapat kurang lebihnya seperti ini:
  • Multitasking. Kinerja multitasking bertambah, terlihat jelas karena kerja RAM terbantu virtual RAM
  • Kecepatan. Dari segi kecepatan tidak terlalu terasa, apalagi ketika dicoba pada sdcard berkecepatan rendah. Hal ini masuk akal karena cara kerja swap adalah "bertukar", maka kualitas dan speed dari sdcard sangat mempengaruhi. 
  • Baterai. Mungkin karena kinerja multitasking jadi lebih optimal maka baterai menjadi lebih awet. Akan tetapi lagi-lagi hasilnya berbeda ketika menggunakan sdcard dengan speed pas-pasan. Baterai menjadi sedikit boros ketika menggunakan sdcard tersebut, ada kemungkinan hal ini karena kerja prosesor jadi meningkat karenanya. Ibarat laptop Anda mengcopy file dari harddisk ke flashdisk berkecepatan rendah, sekenceng apapun PC-nya pasti lebih lama prosesnya daripada mengcopy file ke flashdisk berspeed tinggi.
Nah bagaimana dengan eksperimen Anda. Apakah Anda masih memutuskan untuk menggunakan sebagian ruang pada sdcard untuk dijadikan partisi swap?

Response to "Partisi Swap Mendongkrak Kinerja System, benarkah?"

Post a Comment