Xposed Framework: Modifikasi ROM tanpa memodifikasi APK

Xposed framework memungkinkan pengguna Android untuk memodifikasi ROM tanpa memodifikasi APK apapun. Sebagai contoh cara merubah tampilan icon baterai yang ada pada stock ROM, Anda harus memodifikasi aplikasi system yang kemudian kita push kembali ke system atau melalui flashable zip. Anda juga hampir tidak perlu lagi menyimpan stock apk tersebut karena Xposed mampu melakukannya dengan mudah untuk mengembalikan seperti semula.

Dalam hal ini kita membutuhkan Xposed Installer dan Xposed Modules, saat ini sudah tersedia module-module seperti baterai ikon mod, CRT on/off dan lain sebagainya. Module tersebut bisa kita unduh dan instal secara manual maupun langsung melalui Xposed Installer.

Selain module, beberapa aplikasi lain juga mensyarat pengguna untuk menginstall Xposed framework terlebih dahulu supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan optimal. Sebagai contoh aplikasi Greenify, Xposed framework harus sudah teinstall untuk mengaktifkan fitur ekperimentalnya

Beberapa kelebihan Xposed Framework diantaranya:
  • Tidak perlu memodifikasi apk seperti decompile, edit smali, compile, sign dan seterusnya.
  • Bisa diterapkan pada ROM odexed maupun deodexed
  • Tidak terikat pada versi ROM, kecuali ada perubahan yang terlalu signifikan. Jadi meskipun Anda mengupgrade ROM, modul tersebut masih bisa bekerja.
  • Pemakaian beberapa modul secara bersamaan.
Rincian secara detail bisa Anda pelajari di tread forum xda.

Antisipasi

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, saya sarankan untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan seperti bootloop. Cara yang paling mudah adalah menggunakan Xposed-Disabler-Recovery.zip yang sudah tersedia di link xda diatas. Dalam hal ini tentu Anda membutuhkan custom recovery.

Cara lain bisa melalui adb shell dengan menyalin /system/bin/app_process.orig kembali ke /system/bin/app_process, atau Anda juga bisa membuat file /data/data/de.robv.android.xposed.installer/conf/disabled untuk melewati Xposed disaat booting.

Cara menginstall Xposed

Xposed Framework
  • Pilih option Install/Update
  • Pilih reboot jika sudah selesai proses instalasi

Installasi module

Setelah menyala kembali, jalankan kembali Xposed kemudia masuk ke menu Download kemudian pilih module sesuai keinginan.

Xposed FrameworkXposed Framework

Baca deskripsi modul dengan teliti sebelum menginstall module karena ada beberapa module yang dibuat untuk ROM dan/atau device tertentu.

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan module-module pilihan Anda tersebut kemudian reboot kembali device Anda dan lihat hasilnya.