Screen Recording Menggunakan QuickTime Player [MAC]

Kalian, terutama Pengguna Mac OS semua pasti tak asing lagi dengan QuickTime Player. Disamping software notabene sebuah player namun bisa berguna untuk blogger yang suka menulis artikel tentang tutorial disertai video. Sebagai contoh tutorial tentang Easy Way To Upgrade From Default Python 2.4 To Python 2.7 menampilkan screen recording tentang jalannya proses dan kemudian kita upload ke Youtube sebagai media hosting.

Caranya mudah, Anda tinggal membuka QuickTime Player kemudian klik File - New Screen Recording. Selanjutnya akan tampil sebuah window kecil seperti dibawah ini. Anda bisa mengatur kualitas, mikrofon dan dimana akan disimpan hasil screen recordingnya.


Klik pada tombol bulat merah kecil jika sudah siap untuk merekam. Untuk menghentikan proses recording, klik tombol stop pada window tadi atau bisa juka klik tombol Stop Recording yang ada pada sudut kanan atas layar lcd Anda.

Hasil recording akan berekstensi .mov, setelah proses selesai Anda bisa mengupload ke Youtube dan kemudian Anda share kedalam artikel.

Kustomisasi

Ukuran default hasil recording bisa jadi berukuran besar. Mungkin ini akan jadi masalah bagi Anda yang mempunyai kecepatan koneksi pas-pasan untuk mengupload file berukuran besar.

Solusinya mungkin hanya satu, kecilkan ukurannya, bukan begitu?

Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tools untuk mengkompresnya menjadi video berukuran kecil. Disini kita masih bisa menggunakan fasilitas dari QuickTime Player. Caranya seperti ini;


Buka video hasil recording tadi dengan QuickTime Player, kemudian File - Save As. Pada pilihan Format ganti dengan selera Anda. Anda bisa mencoba format HD 720p dan lihat hasilnya, ulangi dan turunkan ke format HD 480p jika menurut Anda hasil dari HD 720p masih terlalu besar.

Screen Capture

Screen Recording diatas menggunakan QuickTime Player, sekarang bagaimana jika kita hanya butuh screen capture atau print screen? Bagi pengguna Mac hal ini bukan hal yang sulit. Tanpa tambahan tools kita bisa mengambil gambar screen untuk kemudian kita simpan sebagai file image. Kita hanya butuh beberapa kombinasi tombol keyboard untuk screen capture.

Beberapa kombinasi tombol keyboard tersebut sebagai berikut;
Command + Shift 3 untuk mengambil gambar Full screen
Command + Shift 4 untuk mengambil gambar pada screen tertentu sesuai pilihan.
Command + Shift 4 +  Space untuk mengambil gambar pada windows tertentu.

Response to "Screen Recording Menggunakan QuickTime Player [MAC]"

Post a Comment