Berbagi Script di Blog Menggunakan Fasilitas GitHub

Banyak cara untuk berbagi script html, python, js dan script lainnya melalui media blog. Bisa dengan dengan direct download file dengan menggunakan fasilitas hosting, bisa pula kita menuliskan langsung ke dalam konten.

Berbagi script dengan menuliskannya ke dalam konten juga terdapat beberapa cara seperti "tembak langsung" alias menulis langsung script tersebut sebagai sebuah text paragraf seperti artikel biasa. Ada pula yang memasukkannya ke dalam text box, dalam hal ini kita membutuhkan html parser jika script yang akan kita posting adalah script html. Tanpa html parser, script tidak akan muncul setelah kita publish. SyntaxHighlight juga tidak akan terlihat jika menggunakan cara diatas.

Dengan menggunakan fasilitas GitHub, kita bisa dengan mudah berbagi script tersebut kedalam konten blog. Contohnya akan seperti ini:

Asumsi bahwa Anda sudah register ke GitHub1. Setelah Anda login kemudian masuk ke menu Gist kemudian Create New Gist, setelah itu Anda masukkan deskripsi, nama file dan isi script yang akan Anda share atau embed ke dalam konten blog.

Klik tombol "Create Public Gist" yang ada dibagian bawah jika sudah selesai membuatnya. Kemudian lihat sidebar sebelah kiri ada sebuah kotak Embed this gist, kode didalam kotak tersebut yang nantinya akan Anda masukkan ke dalam konten blog ketika membuat sebuah postingan.

1 Anda bisa membuat gist tanpa harus login dahulu, tentu saja dengan konsekuensi jika tanpa login gist kita tersebut tidak bisa kita edit di kemudian hari. Dan jika ada yang meniru isinya, Anda juga tidak bisa mengakuisisi gist hasil jerih payah Anda.

Response to "Berbagi Script di Blog Menggunakan Fasilitas GitHub"

Post a Comment