BBM Android Gingerbread dan Armv6

BBM armv6 dan BBM untuk Android Gingerbread menjadi topik hangat di beberapa forum semenjak dirilisnya BBM versi official. Hal ini wajar mengingat banyaknya peminat pengguna BBM yang device-nya masih armv6 dan/atau masih Gingerbread.

Yang menurut penulis sedikit tidak wajar adalah jika segitu banyak pengguna Android yang tertarik dengan BBM, kenapa aplikasi ini tidak dibuat untuk semua level device? Logikanya jika BBM ingin menarik pengguna sebanyak-banyaknya maka aplikasi BBM-pun juga dibuat untuk bisa dipasang ke semua device.
bbm armv6

Apakah sudah ada BBM armv6 non official?
Thread tentang BBM Android untuk armv6 sempat muncul di sebuah forum. Dan seperti yang penulis katakan tadi bahwa "BBM armv6 dan BBM untuk Android Gingerbread menjadi topik hangat" maka dalam waktu singkatpun thread tersebut menjadi ramai. Tapi ternyata bukan BBM seperti yang kita harapkan.

Sejak dirilisnya versi official di Playstore sampai sekarang belum ada versi unofficialnya untuk armv6. Orang awam pasti berpikir begini "jika segitu banyak developer belum berhasil mem-porting, sepertinya pengguna armv6 harus berhenti berharap dan menunggu barangkali akan muncul BBM official untuk armv6"

Update: Jan 2014
Kabar yang cukup menggembirakan meskipun belum terealisir. Simak post dari official blogs Blackberry berikut ini.

Update: Feb 2014
Mungkin ini yang ditunggu-tunggu pengguna Android Gingerbread dan ARMv6 karena sekarang sudah beredar BBM untuk Gingerbread dan ARMv6. Anda bisa mempelajarinya di forum xda

Update:
Akhirnya versi official BBM untuk Android Gingerbread (v2.3.x) terealisasi juga. Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Playstore.

BBM Android Gingerbread dan Armv6

Bagi pengguna yang mendapati Force Close dengan versi official ini bisa mencoba versi unofficial dari forum xda diatas.

6 Responses to "BBM Android Gingerbread dan Armv6"

  1. Game Jelly LINE yg ada server nya dan hanya jalan di armv7 aja bisa di convert utk bisa running di armv6, knp bbm ga bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. libs-nya berbeda mas bro, mungkin bisa meski sulit, toh pada kenyataanya sampe sekarang belum ada kan? kalau pihak bbm menyediakan source-nya mungkin situasi akan berbeda.

      Delete
  2. Kayaknya ini sengaja dari pihak BBM dibuat hanya untuk armv7 buat menghindari ledakan jumlah user BB. Sekarang aja server BB udah berat gitu katanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk akal juga. Tp kalau tujuannya menghindari ledakan jml user, bisa saja kan dengan cara diperketat cara signupnya? bayangkan saja kalau user bisa dengan mudah create account dengan email, saya jamin deh 1 user pasti punya banyak pin hehehe... 1 device 2 pin, belum lagi kalau punya pc pakai pin baru lagi, bosen pin lama bikin lagi pin baru dan seterusnya.

      Delete
    2. mungkin ada benarnya dengan memperketat signupnya tapi perlahan tapi pasti ter confirm semua toh ?

      Delete
    3. Betul, tp ada efeknya jg loh. Kemaren2 yg gagal lewatin virtual line berharap bs sukses antri pakai email lain, gagal lg coba email lain lg dst. Jadi makin panjang aja kali antriannya :D

      Delete