Disable data jika tidak digunakan bisa menghemat batere, benarkah?

Semua pasti pernah mendengar beberapa tips menghemat batere pada Android. Salah satunya berhubungan dengan koneksi internet yaitu menonaktifkan koneksi internet jika tidak digunakan, baik itu 2G, 3G atau WiFi.
Efektifkah cara ini? Belum tentu. Terdapat beberapa situasi dan study kasus yang alhasil ternyata cara ini justru memakan daya batere lebih banyak dari pada koneksi internet aktif terus menerus. Bagaimana menurut Anda? Jawabannya tentu akan Anda ketahui setelah Anda bereksperimen sendiri.

Sesering apa internet digunakan. 

Jika internet jarang digunakan, tentu tips menonaktifkan internet sangat berpengaruh pada konsumsi batere. Batere lebih tahan dari pada internet aktif terus menerus.
Namun jika Anda sering menggunakan internet, browsing, email, Facebook dan lain-lain hasilnya akan berbeda. Setidaknya ini yang saya alami. Sebagai contoh kita buka Facebook kemudian share status atau koment, setelah selesai kemudian disable data. Selang beberapa menit kemudian enable data lagi dan membuka facebook lagi atau aplikasi lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Setelah selesai kemudian disable lagi, enable lagi, disable lagi begitu seterusnya.

battery life
Hasilnya batere justru lebih boros, kenapa bisa begitu? Ada beberapa aplikasi yang “autorun” jika ada aktifitas tertentu pada device. Anda pasti mengenal task killer, task killer memaksa aplikasi berhenti. Kill aplikasi yang sedang berjalan akan tetapi aplikasi tersebut running lagi, kill lagi dan running lagi, begitu seterusnya. Hal tersebut karena aplikasi tersebut memiliki fitur autorun di beberapa situasi seperti autorun saat booting, autorun jika tombol tertekan, autorun jika terdeteksi adanya koneksi internet dan lain-lain. Autorun ini bisa dimatikan, tapi tidak semua karena beberapa aplikasi justru tidak bisa berjalan normal jika autorun tersebut dimatikan.

Nah, begitu kita aktifkan koneksi internet saat ingin membuka Opera Mini misalnya, aplikasi yang lain juga ikut terbuka meskipun running background. Sebagai contoh aplikasi K9-Mail juga akan melakukan checking email pada saat mendeteksi adanya koneksi internet, aplikasi Facebook, WhatsApp dan lain sebagainya. Begitu seterusnya tiap kali internet diaktifkan.

hemat batere

Jika aktifitas on/off internet terlalu sering, Anda tentu paham kenapa tips menghemat batere dengan mendisable internet jika tidak digunakan menjadi tidak efektif.

Kernel 

Dari sekian banyak kernel maupun rom yang sudah saya coba, hasilnya berbeda pula dalam hal konsumsi batere saat menggunakan internet. Ada yang seharian internet digunakan bahkan ketika memakai koneksi 3G dengan konsumsi batere yang standard dan suhu yang standard.

Ada pula yang memang selalu boros ketika internet digunakan. Baru 5 menit internet digunakan suhu menjadi overhead-pun pernah saya jumpai di beberapa rom. Jika rom dan/atau kernel Anda seperti ini, mau tak mau ya harus disable internet jika tidak digunakan.

Bagaimana dengan Android Anda? Silahkan bereksperimen sendiri :D

Response to "Disable data jika tidak digunakan bisa menghemat batere, benarkah?"

Post a Comment