Mount /SDCard2 sebagai /SDCard [TUT]

Beberapa tipe N8000 MTK6575 ada yang beberapa aplikasi seperti kamera dan galery tidak bisa digunakan tanpa kita pasang microsd. Saya mencoba 2 device yang sama, dua-duanya tanpa microsd. Satu bisa capture camera, satunya tidak bisa jika tanpa microsd. Sepertinya hal ini disebabkan karena ROM yang user dapatkan berbeda meskipun sama-sama ICS. Yang demikian tersebut karena internal data storage dianggap sebagai sdcard2.

Dari pada agan repot-repot mengganti ROM, cukup beberapa langkah untuk merubah sdcard2 tersebut menjadi sdcard dan nantinya aplikasi kamera bisa digunakan tanpa dipasang microsd. Eitt...jangan lupa segala resiko tenggung sendiri :D

Mount /SDCard2 sebagai /SDCard
Gunakan root explorer, kemudian buka dan edit file vold.fstab yang ada di /system/etc (backup dulu jika dirasa perlu.
Cari baris seperti dibawah ini: 

dev_mount sdcard /mnt/sdcard2 emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host/mmc0
dev_mount sdcard /mnt/sdcard auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host/mmc1

ubah menjadi:

dev_mount sdcard /mnt/sdcard emmc@fat /devices/platform/goldfish_mmc.0 /devices/platform/mtk-sd.0/mmc_host/mmc0
dev_mount sdcard /mnt/sdcard2 auto /devices/platform/goldfish_mmc.1 /devices/platform/mtk-sd.1/mmc_host/mmc1

Jika agan mempunyai kasus yang sama namun berbeda device, script juga bisa sedikit berbeda. Silahkan bereksperimen jika mau.

Note: Hati-hati dalam memodifikasi script yang ada di file vold.fstab, salah-salah yang terjadi adalah sdcard menjadi tidak terbaca. Meski masih bisa di restore file originalnya via adb, cara inipun belum tentu berlaku untuk semua device. So, use at your own risk.

4 Responses to "Mount /SDCard2 sebagai /SDCard [TUT]"

  1. Selamat Pagi Bos, salam kenal. Saya punya Android Vandroid T1C froyo. dua minggu lalu saya coba upgrade ke 2.3.3. tetapi upgradenya ternyata pake bhs Jerman namanya ODYS. selesai upgrade, ternyata tidak bisa mengenal/tidak bisa menemukan SDcard External dan Kartu SIM. pada setingan kunci kartu SIM terdapat Centang. bagaimana caranya agar bisa normal seperti semula. tolong infonya dan aplikasi yg bisa menormalkan Vandroid T1C saya. makasih

    ReplyDelete
  2. @okabadung, modifi script diatas sekedar membalikkan label sdcard yg sebelumnya sudah kondisi mounted gan.
    utk kasus agan, paling mudah mencari tahu adalah dgn revert back ke versi originalnya gan. Memang agak susah mencari firmware utk tablet2 merk tertentu, pdhl jika dlihat dr specnya ICS-pun udah support.
    so jk agan ga ada firmware maupun backup utk direstore, terpaksa jln terakhir ya ke servis centernya biar diflash ulang ke versi bawaannya dl.

    ReplyDelete
  3. om bisakah di terapkan di 4.4 ? karna default write disk nya ke internal memory n mau move app ke external sd card malah gak bisa...

    ReplyDelete