Tips Menghemat Baterai [Android]

Tips ampuh menghemat baterai Android, memang ada gitu? Banyak fitur Android yang menarik untuk kita gunakan, mulai dari live wallpaper, widget, gps, internet dan lain-lain. Namun begitu semakin banyak fitur yang kita aktifkan semakin besar pula konsumsi batere.

Cara paling awam untuk menghemat baterai Android yang sering kita temui diantaranya sebagai berikut;
  • Atur Brightness jangan terlalu terang
  • Jangan gunakan live wallpaper
  • Gunakan wallpaper warna gelap, hitam jika perlu.
  • Matikan fitur animasi
  • Matikan fitur Background data
  • Matikan fitur Auto-sync
  • Matikan fitur GPS, WiFi, Bluetooth
  • Matikan fitur 3G dan gunakan jalur 2G
  • dan lain sebagainya
Cara diatas memang benar bisa menghemat baterai, tapi...(ada tapinya loh) buat apa kita membeli gadget Android jika hampir semua fitur dimatikan??? Sayang dong..!!! Yang perlu kita perhatikan adalah jangan gunakan fitur yang memang tidak kita perlukan dan tetap gunakan fitur yang kita perlukan sedemikian rupa agar tidak terlalu membebani baterai.

Batere hemat android

Berikut tips berdasarkan pengalaman saya, disini saya bagi menjadi standard dan advanced. Maksud standard disini yakni cara menghemat baterai tanpa campur tangan tweak yang berbentuk aplikasi maupun script. Sedangkan advanced kita gunakan bantuan script, aplikasi dan lain-lain.

Standard:
  • Akses data, gunakan wifi disaat ada hotspot dengan sinyal dan kecepatan yang bagus. Tapi jika sinyal dan kualitas hotspot jelek  lebih baik gunakan 3G atau mana yang lebih bagus diantara keduanya dan gunakan data sesuai kebutuhan.
  • Jaringan 3G memang lebih boros dibanding 2G. Tapi kita lihat dulu apakah pada kondisi 2G tersebut internet berjalan lancar? Contohnya ketika loading membuka site dengan browser, jika lola loading alias lemot maka gunakanlah 3G. Saya sendiri selalu menggunakan 3G only karena kartu yang saya pakai always lemot dijaringan 2G, kecuali ketika bepergian keluar kota atau ditempat yang sinyal data 2G-nya stabil saya gunakan 2G only karena tidak semua wilayah terjangkau 3G.
  • Display, settinglah agar tidak terlalu terang. 
  • Wallpaper, wallpaper warna hitam? ah jelek tauu.... Kalau dominan warna gelap sih OK lah saya juga sependapat, atau wallpaper photo abg sexy dan montok sekalian :lol:
  • Live Wallpaper memang menarik, jika anda tetap ingin menggunakannya pilihlah yang tidak terlalu berat. Saya sendiri tidak menggunakan live wallpaper.
  • Weather, jika anda ingin menggunakannya setidaknya matikan option update automatically atau diset lebih lama autoupdatenya. Saya sendiri memasang weather.
  • GPS; matikan jika sedang tidak anda gunakan.
  • Bluetooth; matikan jika sedang tidak anda gunakan
  • Background data, sebagai contoh jika anda sering berburu aplikasi menarik di Android Market anda akan memerlukan fitur ini. Saya sendiri mengaktifkan fitur tersebut.
  • Biasakan gunakan Back (bukan Home) untuk keluar atau menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan atau tidak akan digunakan lagi dalam waktu dekat. Jika aplikasi tersebut sering digunakan lebih baik press Home dan biarkan dia standby. Toh nantinya aplikasi tersebut akan tertutup ketika low memory kill mencapai batas minimum.
  • Disable beberapa aplikasi system yang tidak terpakai (Android 4.0+). Caranya masuk ke menu Setting - Aplikasi - All kemudian pilih aplikasi yang akan didisable lalu tap tombol "Disable". Cara ini tidak memerlukan akses root dan cukup berpengaruh terutama pada konsumsi baterai maupun peningkatan kinerja karena beban ram menjadi berkurang. Memang tidak semua aplikasi yang berada di system bisa kita disable karena memang beberapa dibutuhkan. Setidaknya ini bisa meminimalisir pemakaian ram. 
  • Auto-sync; matikan fitur ini dan gunakan manual sync.
Advanced:
  • Task Manager; jika anda menginstall aplikasi task manager gunakanlah secara bijak. Jangan terlalu sering meng-kill suatu aplikasi yang sedang berjalan. Beberapa aplikasi android bekerja auto start, jadi percuma saja meskipun anda kill berkali-kali aplikasi tersebut akan berjalan lagi dan justru hal ini membuat boros batere. Kill aplikasi hanya jika aplikasi tersebut error saat sedang berjalan. Kalau anda kurang paham cara penggunaan app task killer, lebih baik STAY AWAY FROM TASK MANAGER APPs!!! dan saya sendiri tidak menggunakannya :P
  • RAM Manager tweak, stay away from task manager apps dan gunakan memory manager. Cara ini lebih baik menurut saya. Cara mudah Anda bisa gunakan ram manager berupa aplikasi di Playstore. Cara yang lebih andvanced gunakan V6 Supercharger (rooted) kemudian setting sesuai pilihan Anda.
  • sysctl config tweak, mengaktifkan sysctl.config yang sesuai dengan device Anda masing-masing bisa menjadi salah satu trik menghemat batere. Cara mudahnya Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Sysctl Config (root) dari Play Store atau ROM Toolbox Pro
  • Gunakan aplikasi seperti Juice Defender jika anda rasa itu perlu. Saya sendiri tidak menggunakannya :P
  • Aplikasi seperti DroidWall (rooted) juga bisa membantu. Berhubung koneksi internet adalah salah satu yang menyebabkan baterai boros tersedot, DroidWall bisa mengatur aplikasi mana saja yang boleh dan tidak boleh menggunakan akses internet. 
  • Gunakan Greenify (rooted) untuk menghibernate aplikasi yang menguras RAM, terlalu sering autostart dan banyak mengkonsumsi baterai. Cara ini sangat recomended untuk pemakai device rooted.
Jika ada pertanyaan "Apakah semua cara (advanced) tersebut harus dilakukan?"  Jawaban saya adalah "NO...!!" Coba kita perhatikan, banyak tweak yang fitur-fiturnya sama dengan tweak lain. Jangan gunakan 2 script atau aplikasi yang fungsinya sama. Sebagai contoh, aplikasi ROM Toolbox Pro juga memiliki fitur sysctl config, adblock dan lain sebagainya maka sebaiknya anda jangan menginstall app Adfree karna fungsi tersebut sudah ada di app ROM Toolbox Pro. Dua atau lebih aplikasi yang fungsinya sama hanya memakan space internal saja dan bukan tidak mungkin aplikasi itu juga membutuhkan konsumsi batere atau bahkan jadi crash karena ada beberapa aplikasi berhubungan dengan system yang fungsinya sama. Jika terpaksa menggunakannya setidaknya digreenify aplikasi yang jarang digunakan.

Trik yang berupa script ataupun aplikasi memang tidak mudah untuk menyesuaikan dengan device Anda. Butuh waktu untuk mengetahui apakah tweak tersebut benar-benar mempengahuri daya tahan batere. Saran saya, test hasilnya setalah masa 1 - 2 kali pengechasan batere, setelah itu baru menerapkan settingan yang lain.

Tips diatas cukup membuat baterai tidak terlalu boros tetapi tidak meninggalkan fitur-fitur yang kita perlukan. Pengalaman anda mungkin berbeda.

2 Responses to "Tips Menghemat Baterai [Android]"

  1. wah klau begitu gak usah di pakek aja boos ,di gunkan bila perlu aja yo hehehe...

    ReplyDelete
  2. @anonymous, hahaha anda betul gan, gunakan jk perlu. cara yg plg extrim mematikan smua fitur yg brhub dgn koneksi data. tp kan sayang beli mahal2 kok ga dpakai hehehe. online 24jam, im, email, fb, twitter, sering browsing pula lumayan terbntu laa dgn tips2 diatas ;)

    ReplyDelete