Tips Bagaimana Membuat Blog disukai Pengunjung

Ibarat toko ada istilah "pembeli adalah raja", berilah kepuasan pada pembeli, beri apa yang pembeli mau agar pembeli merasa nyaman dan balik lagi ke toko tersebut untuk membeli lagi. Begitu pula dengan blog, pengunjung akan balik lagi mencari apa yang dia butuhkan dalam blog anda jika pengunjung merasa nyaman dan puas pada kunjungan pertama.

Nah apa saja yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman dan menyukai blog anda
dan apa saja yang membuat pungunjung langsung lari ke blog lain? Tips di bawah ini semoga bisa membantu.
Tips Bagaimana Membuat Blog disukai Pengunjung

Template
Buatlah sebuah template yang menarik. Menarik bukan berarti serba "wah"  dan terlalu penuh dengan aksesori yang justru bisa membuat tampilan blog anda jadi semrawut. Aturlah tata letak blog beserta aksesorisnya sebagus mungkin dengan warna dominan putih atau paling tidak warna muda.

Artikel
Buatlah artikel dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak terlalu kaku dan tidak bertele-tele. Buatlah isi artikel sebisa mungkin supaya pembaca mudah memahami isinya. Membuat artikel dalam blog bukan seperti membuat artikel seperti tugas PR anda saat sekolah yang asal tulis yang penting banyak isinya. Singkat padat dan jelas, itu yang pembaca cari.

Jika artikel anda berupa tutorial, sertakan berapa contoh berupa gambar atau sejenisnya sebagai pendukung agar pembaca mudah memahami isi tutorialnya.

Iklan
Memasang iklan dalam blog bukan berarti suatu hal yang jelek. Tata letak iklan yang bagus justru bisa mempercantik tampilan blog. Akan tetapi tata letak iklan yang hanya mementingkan "komersial" dan menutupi isi artikel (contoh; iklan berupa pop up - pengunjung harus mengklik iklan dulu baru bisa melihat isi artikel) akan membuat pengujung merasa jengkel.

Comment
Sebisa mungkin jawablah semua komentar yang muncul ke blog anda secepatnya karena pengunjung yang meninggalkan suatu komentar pada artikel anda, kemungkinan besar akan balik lagi untuk melihat respon dari anda. Usahakan bersilaturahmi dengan mengunjungi dan koment di blog para komentator jika mereka menyisipkan link blog dalam komentnya.
Hapus atau edit komentar yang berisi sara atau profokasi yang sekiranya bisa merugikan anda atau menyinggung komentar dari pengunjung lain.

2 Responses to "Tips Bagaimana Membuat Blog disukai Pengunjung"

  1. terima kasih agan untuk tips di atas, akan saya coba terapkan

    ReplyDelete