Blogspot Custom Domain

Menjawab pertanyaan Rherhe tadi siang yang pengin blognya dari blogspot.com menjadi .com biar lebih keren katanya, Top Level Domain gitu loh. Begini loh Rherhe yang imut dan gendut , jika kamu ingin mengganti nama domain blogmu itu ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan meng-upgrade domain di Blogspot itu sendiri. Setelah di upgrade, nama domain blog kamu seperti aphroditebeautyshop.blogspot.com akan beralih menjadi aphroditebeautyshop.com atau domain baru seperti .net .org .biz dan lain-lain yang sesuai dengan  pilihanmu.

Gak semua domain yang akan dibeli bisa sama persis dengan domain sebelumnya, tergantung ketersediaan nama domain tersebut. Misalnya nama domain  aphroditebeautyshop.blogspot.com belum tentu bisa menjadi aphroditebeautyshop.com jika domain tersebut gak tersedia atau sudah ada yang memakai. Solusinya ya cari alternatif nama lain seperti aphroditebeautyshop.net aphroditebeautystore.com dan lain sebagainya jika masih tetap ingin memilih Top Level Domain.

Proses upgrade domain di Blogspot gak terlalu sulit juga kok, kurang lebihnya seperti dibawah ini;

* Login ke blogger.com / blogspot.com
* Pada Dashboard, click Setting
* Pilih Tab Publishing
* Pilih Custom Domain
Blogspot Custom Domain


* Isi nama domain yang kamu inginkan kemudian click Check Availability untuk mengetahui ketersediaan domain kamu.

Blogspot Custom Domain


* Jika tersedia maka akan muncul notifikasi "aphroditebeautyshop.com is available". Click Continue to Registration.



* Lanjutkan dengan pengisian data-data pribadi seperti nama, alamat, email, dan lain-lain kemudian klik "I Accept Proceed to Google Checkout."
* Tulis password Gmail-mu untuk melanjutkan registrasi domain,
* Klik Sign in and Continue.
* Lanjutkan dengan mengisi data-data yang diperlukan pembayaran. pada kotak CVC adalah kode security 3 angka di belakang kartu kredit.



* Klick OK
* Pilih Place Your Order Now
* Lanjutkan sampai selesai proses pembayaran.
* Periksa email dari Google yang berisi pemberitahuan tentang keberhasilan registrasi, masa expire domain dan link untuk mengakses ke control panel.
* Tunggu maksimal 3x24 jam, terkadang pengalihan subdomain lama ke domain baru gak terlalu lama juga kok.

Oiah domain lama masih tetap bisa diakses jagi kamu gak akan kehilangan pengunjung blog. Kedua alamat blog masih bisa diakses tetapi nama domain pada browser  otomatis akan berubah menjadi domain yang baru. Hanya saja statistik blog akan berubah drastis karena dianggap seperti domain baru. Google Pagerank akan kembali 0 dan Alexa Rank akan kembali besar, meski tidak sepenuhnya seperti blog yang benar-benar baru dibuat dan baru dipublish karena pengunjung masih bisa mengakses kedua alamat domain tersebut.

Bersambung... (cape juga sih Rhe typng mulu dari siang tadi )

Response to "Blogspot Custom Domain"

Post a Comment